Potret Pengepul Usaha Tenun Ikat di Kecamatan Kota Waingapu
DOI:
10.33395/jmp.v13i1.13776Keywords:
Bauran Pemasaran, Marketing Mix, Pengepul, Strategi PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran potret pengepul usaha tenun ikat di kecamatan kota waingapu dalam perspektif bauran pemasaran dengan menggunakan aspek 4P (product, price, place, promotion). Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian lapangan (feld research). Penelitian lapangan merupakan penelitian yang memiliki tujuan untuk mempelajari secara intensif latar belakang dengan keadaan sekarang dan interaksi hubungan yang terjadi pada suatu satuan social. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian ke lapangan untuk mengetahui strategi pemasaran pada Potret Pengepul Usaha Tenun Ikat di Kecamatan Kota Waingapu, karena peneliti akan mampu mendapatkan atau menemukan jawaban-jawaban dari permasalahan yang ada di lapangan secara langsung dan jelas. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dokumentasi sebanyak 30 responden. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagian besar responden/pengepul mengambil produk dari tempat yang sama. Harga yang ditentukan oleh para pengepul juga tidak melambung jauh dari pengrajin, dimana para pengepul hanya mencari keuntungan 1-10% dari total biaya pembelian untuk setiap produknya.