Potret Pengepul Usaha Tenun Ikat di Kecamatan Kota Waingapu

Authors

  • Tri Junianti Gah Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Tumpal Pangihutan Situmorang Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

10.33395/jmp.v13i1.13776

Keywords:

Bauran Pemasaran, Marketing Mix, Pengepul, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran potret pengepul usaha tenun ikat di kecamatan kota waingapu dalam perspektif bauran pemasaran dengan menggunakan aspek 4P (product, price, place, promotion). Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian lapangan (feld research). Penelitian lapangan merupakan penelitian yang memiliki tujuan untuk mempelajari secara intensif latar belakang dengan keadaan sekarang dan interaksi hubungan yang terjadi pada suatu satuan social. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian ke lapangan untuk mengetahui strategi pemasaran pada Potret Pengepul Usaha Tenun Ikat di Kecamatan Kota Waingapu, karena peneliti akan mampu mendapatkan atau menemukan jawaban-jawaban dari permasalahan yang ada di lapangan secara langsung dan jelas. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dokumentasi sebanyak 30 responden. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagian besar responden/pengepul mengambil produk dari tempat yang sama. Harga yang ditentukan oleh para pengepul juga tidak melambung jauh dari pengrajin, dimana para pengepul hanya mencari keuntungan 1-10% dari total biaya pembelian untuk setiap produknya.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Gah, T. J., & Situmorang, T. P. (2024). Potret Pengepul Usaha Tenun Ikat di Kecamatan Kota Waingapu. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 706-712. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13776

Most read articles by the same author(s)