Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kinerja UMKM terhadap Keberlanjutan UMKM di Kota Waingapu
DOI:
10.33395/jmp.v13i1.13774Keywords:
Inovasi Produk, Keberlanjutan UMKM, Kinerja UMKM, Orientasi PasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi pasar Inovasi Produk Dan kinerja UMKM Terhadap Keberlanjutan UMKM di Kota Waingapu. Sampel dalam penelitian ini 100 orang konsumen yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi kriteria sampel yang telah ditentukan. Analiss data penelitian ini yaitu analisis kuantitatif. Hasil penelitian orientasi pasar memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja di Kota Waingapu. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM di Kota Waingapu. Kinerja UMKM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan Umkm di Kota Waingapu.