Analisa Pemasaran Digital, Manajemen Operasional dan Manajemen Hubungan Pelanggan PT. Panasonic Manufacturing Indonesia

Authors

  • Golan Hasan Universitas Internasional Batam
  • Benny Universitas Internasional Batam
  • Liana Ester Universitas Internasional Batam
  • Elvina Enjelica Universitas Internasional Batam
  • Fionna Universitas Internasional Batam
  • Fandion Melsen Universitas Internasional Batam
  • R. Iqratul Iman Universitas Internasional Batam

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12460

Keywords:

Pemasaran Digital, Manajemen Operasional, Manajemen Hubungan Pelanggan

Abstract

Manajamen operasional merupakan proses manajemen yang memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Manajemen operasional adalah serangkaian proses yang dilakukan dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan, diantaranya mengurangi biaya produksi, serta memastikan tidak adanya sumber daya yang berlebihan, atau tersia-siakan. Perusahaan juga perlu mempelajari cara berinteraksi dengan pelanggannya, serta mempertahankan pelanggan, sehingga membutuhkan manajemen hubungan pelanggan. Dalam menjaga hubungan dengan pelanggan di jaman yang kemajuan ini, perusahaan perlu melakukan pemasaran digital yang tidak hanya dapat mempertahankan loyalitas pelanggan, namun juga dapat mempromosikan, menjual produk, serta agar dapat bersaing dengan perusahaan kompetitor lainnya menggunakan beberapa teknik yang dapat dilakukan dengan media digital. Dalam memahami lebih baik tentang bagaimana perusahaan harus dikelola mulai saat ini, hingga kedepannya, serta cara agar kinerja perusahaan tetap berkembang, dan bertumbuh, dan memaksimalkan profit adalah tujuan utama dari dilakukannya beberapa manajemen ini. Pada penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer, yang menunjukkan pentingnya menanggapi respon dari pelanggan, yang dapat dijadikan patokan perubahan selanjutnya.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Hasan, G., Benny, Ester, L. ., Enjelica, E. ., Fionna, Melsen, F. ., & Iman, R. I. . (2023). Analisa Pemasaran Digital, Manajemen Operasional dan Manajemen Hubungan Pelanggan PT. Panasonic Manufacturing Indonesia. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 575-585. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12460

Most read articles by the same author(s)