Analisis Manajemen Operasional, Customer Relationship Management, dan Digital Marketing Pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.

Authors

  • Golan Hasan Universitas Internasional Batam
  • Benny Universitas Internasional Batam
  • Dian Sabrina Universitas Internasional Batam
  • Erika Gustian Fauzi Universitas Internasional Batam
  • Salsabilah Sirait Universitas Internasional Batam
  • Lydia Then Universitas Internasional Batam
  • Vanessa Flesya Universitas Internasional Batam

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12509

Keywords:

digital marketing, customer relationship management, manajemen operasi, PT.Indofood Sukses Makmut tbk, strategi operasi, permasalahan operasional

Abstract

Penelitian ini membahas peran digital marketing, customer relationship management (CRM), dan manajemen operasional dalam strategi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan ini berhasil mempertahankan posisinya di pasar meskipun terdampak pandemi Covid-19. Mereka berhasil dengan bekerja sama dengan petani lokal, mengelola bahan baku, mengoptimalkan proses produksi, dan memiliki jaringan distribusi yang luas. Namun, perusahaan juga menghadapi permasalahan operasional seperti kenaikan harga bahan baku dan persaingan yang semakin ketat di industri mie instan, serta dampak pandemi yang mempengaruhi perilaku konsumen dan permintaan pasar. Oleh karena itu, digital marketing, CRM, dan manajemen operasional memiliki peran penting dalam mengembangkan strategi yang dapat mempertahankan keunggulan kompetitif PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Hasan, G. ., Benny, Sabrina, D. . ., Gustian Fauzi, E. ., Sirait, S. ., Then, L., & Flesya , V. . (2023). Analisis Manajemen Operasional, Customer Relationship Management, dan Digital Marketing Pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 724-737. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12509

Most read articles by the same author(s)